Apa Hukumnya Jika Tidak Melakukan Sahur Ketika Bulan Ramadhan

Allah sudah memberi anjuran untuk melakukan sahur, dan juga shalat malam sehingga tubuh menjadi lebih sehat karena bangun pagi dan menjadi terbiasa disiplin karena terbiasa bangun pagi. Jika tidak melakukan sahur entah karena bangun terlalu siang, karena sengaja, atau mungkin karena malas dan lebih memilih untuk tidur, maka hal itu bukanlah alasan, puasa ramadhan tetap wajib dilakukan hingga waktunyan buka puasa yakni di waktu maghrib tiba.Jadi sahur adalah hak dan pilihan masing masing dan tidak berpengaruh kepada puasa ramadhan seseorang karena puasa ramadhan adalah menjalani ibadah dengan menghindari makan dan minum serta hal hal lain yang membatalkan puasa, sahur atau tidak, akan tetap dinilai oleh Allah berdasarkan keikhlasan serta ketulusanya.
hukum tidak sahur saat puasa

Sahur memang sebuah ibadah yang dianjurkan dan mampu menyempurnakan ibadah puasa, namun sahur juga bukan sesuatu yang membuat puasa ramadhan menjadi tidak sah atau menyebabkan puasa ramadhan menjadi tidak diterima dan tidak memiliki nilai di mata Allah. Semua ibadah diterima tergantung dari niat dalam hati dan wujud hati tulus dalam menjalankannya. Tidak Sahur, Puasa Ramadhan Tetap Sah Allah mewajibkan puasa kepada kita sebagaimana telah mewajibkan kepada orang – orang sebelum kita dari kalangan Ahlul Kitab Allah berfirman (yang artinya) :”Wahai orang-orang yg beriman diwajibkan atas kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebeleum kalian agar kalian bertaqwa.” (Surat Al- Baqoroh :183).

Dari firman Allah tersebut jelas bahwa Allah memerintahkan kepada semua hambaNya untuk menjalankan puasa, namun tidak menyertakan bahwa puasa wajib dilakukan dengan sahur dan akan memiliki pengurangan pahala atau pengurangan kebaikan sebab inti dri puasa bukanlah sahur. ahur memang berkah namun tidak wajib, hal itu juga ditegaskan dalam hadist hadist berikut.

1. Dari Salman radhiallahu ‘anhu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya): “Barokah ada pada tiga perkara : Jama’ah Tsarid dan makan sahur.” (HR. Thabrani )

2.Dan dari Abu Hurairah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya): “Sesungguhnya Allah menjadikan barakah itu pada makan shaur dan kiloan“. (HR. Asy-Syirasy (Al-Alqab))

 3. Dari Abdullah bin Al-Harits dari seorang sahabat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam : Aku masuk menemui Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam ketika dia makan sahur beliau berkata (yang artinya): “Sesungguh makan sahur adl barokah yg Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan“. (HR Nasa’I (4/145)). Keberadaan sahur memang berhubungan dengan barokah sebab berhubungan dengan niat baik dan ibadah karena Allah, namun tidak serta merta menjadi penghalang untuk sahnya puasa ramadhan, sebab itu dari berbagai firman Allah dan hadist Rasulullah dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Sahur memang anjuran yang penting dan seolah menjadi kewajiban, seperti yang pernah disabdakan Rasulullah mengenai “Sahurlah kalian walaupun dgn setengah air.” (HR Abu Ya’la (3340). memang sebuah anjuran dan ibadah sunnah namun hal itu bukan menjadi inti puasa ramadhan dan orang yang tidak sahur tetap wajib menjalankan ibadah puasa ramadhan.

2. Hendaknya tidak meninggalkan sahur di bulan ramadhan, sebab keberkahan ada pada hal tersebut, “Sahur adl makanan yg barokah janganlah kalian tinggalkan walaupun hanya meminum seteguk air krn Allah dan Rasul-Nya memberi shalawat kepada orang yg sahur”. (HR Ibnu Abi Syaibah (3/8). sebagai umat muslim memang lebih baik menjalankan sunnah rasul yaitu menjalankan sahur di bulan ramadhan, namun jia ada seseorang yang dengan sengaja meninggalkan puasa dengan alasan pagi harinya tidak menjalankan sahur maka ia termasuk melakukan perbuatan dosa besar.

3. Sahur bukan inti dari puasa ramadhan, puasa ramadhan yang dilakukan tanpa sahur tetap wajib dilakukan dan mendapat pahala yang dinilai langsung oleh Allah berdasarkan niat dan ketulusannya, namun tetap saja sahur dianjurkan dalam islam.

0 Response to "Apa Hukumnya Jika Tidak Melakukan Sahur Ketika Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel