Ibu Siaga :Kenali Tanda, Gejala, Penyebab Penyakit Bronkopneumonia Pada Anak

Tanda dan Gejala Bronchopneumonia - Penyakit Bronkopneumonia merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia saat ini. Bukan hanya di negara berkembang, negara maju pun juga. Ada ribuan kasus pertahun dengan jumlah kematian 4500 orang.
Gejala penyakit Bronkopneumonia

Bronkopneumonia adalah penyakit yang terjadi karena peradangan pada bagian pneumonia dibagian kanan, atau kiri bahkan keduanya. Bronkopneumonia merupakan peradangan pada jaringan paru-paru
hingga bagian terjauh dari bronkiolus terminalis.  antara lain mencakup bronkiolus respiratorius, dan alveoli, hal ini dapat menimbulkan konsolidasi (saling menempel) jaringan paru dan gangguan pertukaran gas setempat.

Penyebab terjadinya Bronchopneumonia pad anak diakibatkan karena infeksi virus atau bakteri yang diawali oleh infeksi saluran pernapasan atas (hidung dan tenggorok). Infeksi dapat didapat dari udara yang tercemar. Infeksi virus lebih sering terjadi dan umumnya disebabkan oleh Cytomegalovirus atau Influenza virus. Penyebab bronkopneumonia antara lain jenis bakteri Staphylococcus aureus, Haemopilus influenza, dan Klebsiella pneumonia. selain itu, Faktor risiko menderita bronkopneumonia antara lain bayi kurang lebih pada usia 2 tahun, orang tua yang berkisara 65 tahun, bahkan penderita penyakit paru kronik, seperti HIV/AIDS, diabetes, serta penyakit berat lainnya.

Gejala dan Tanda Bronchopneumonia

Untuk gejala Bronchopneumonia terjadi secara mendadak/ perlahan. Awalnya penyakit Bronchopneumonia dengan pilek atau batuk dengan tarikan nafas yang pendek dan susah untuk bernafas.Selain itu gejala Bronchomunomia berkembang menjadi demam bahkan menggil pula.
Secara singkatnya sebagai berikut:
  • Susah bernafas
  • kesulitan makan
  • pada anak terlihat cape dan lelah
  • Berisik saat bernafas
  • muntah mual pusing
Tanda-tanda yang sering ditimbulkan oleh penyakit Bronchopneumonia adalah takipneu (frekuensi bernafas hingga mencapai  lebih dari 20 kali permenit, sedangkan takikardi atau denyut nadi  ebrkisar  lebih dari 100 kali permenit

Pengobatan Bronchopneumonia tergantung tngkat keparahan pada anak. Biasanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu agar benar-benar pulih dari Bronchopneumonia. Pada dasarnya infeksi virus atau bakteri pada jaringan paru-paru membutuhkan waktu yang relatif lama. Biasanya menggunakan antibiotik atau segera dibawa ke rumah sakit untuk penanganan yang lebih lanjut.
Untuk itu perlulah kita mengenal penyakit jenis ini. 

0 Response to "Ibu Siaga :Kenali Tanda, Gejala, Penyebab Penyakit Bronkopneumonia Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel